Sabtu, 30 Januari 2016

Mari dukung StartUp Nasional Indonesia

Sepanjang 2015, istilah ini menjadi semakin akrab di telinga kita "Startup". 

Apakah startup itu? Startup adalah perusahaan baru, bisa kecil, bisa besar, umumnya kecil, dan siap dikembangkan. Startup umumnya dikaitkan dengan teknologi, maka perusahaan startup berarti perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Ada beberapa kriteria startup, diantaranya : 
  • usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • pendapatan dibawah 1 Milyar setahun
  • masih dalam tahap pengembangan
  • umumnya beroperasi melalui website / Internet / aplikasi
Nah, mengapa sepanjang 2015 banyak startup bermunculan ? Karena semakin banyak orang Indonesia yang melek teknologi, mereka menemukan pola dan cara baru mengeksplorasi berbagai hal dengan teknologi. Dan disinilah bermunculan berbagai ide. Ide ini kemudian mereka kembangkan aplikasi. Aplikasi ini dipasang di Internet, website, bahkan dikembangkan aplikasi native nya. Jadilah startup, yang mencari bentuk dan market. 
Mengapa Indonesia punya potensi besar mengembangkan startup ? 
Harus diakui, Indonesia adalah market yang besar, mungkin sangat besar. Oleh karena itu, potensi market ini menjadi bidikan dari banyak investor asing. Dengan RPP e-Commerce yang baru, dimana peluang 100% kepemilikan asing, ini cukup mengerikan. Karena artinya market Indonesia bisa dikuasai pemain asing. Oleh karena itu, kita harus mampu mengembangkan bisnis ini, usaha di bidang teknologi, khususnya Startup. Memang kita akui, kita akan sangat sulit bersaing dengan China, Amerika, Eropa yang menguasai banyak industri terkait hardware. Yang bisa kita lakukan adalah mengembangkan aplikasi, software, platform aplikasi yang bisa digunakan di atas hardware. Dengan market yang besar, maka kita percaya, dengan kemampuan kita maka kita bisa membuat banyak perusahaan baru, yang berbasis teknologi, yang menggunakan mungkin hardware dari negara lain, tapi menjalankan aplikasi yang berbasis kekuatan Indonesia. Inilah Startup Nasional Indonesia. 
Startup yang dibangun oleh putra-putri Indonesia, mengembangkan aplikasi, software, platform, untuk market Indonesia (dan mungkin dunia), dengan tujuan untuk memajukan industri, ekonomi Indonesia. Ini yang harus kita dukung.
Mari kita dukung Startup Nasional Indonesia !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar